Breaking News
Loading...
Friday, April 8, 2016

Tips - tips untuk pendaki gunung pemula




Hai apakabar semua ? , semoga dalam keadaan sehat ya. Nah langsung saja, kali ini ane ingin membagikan sedikit tips dan beberapa saran untuk pendaki gunung pemula. Mungkin bagi pendaki gunung pemula pasti sedikit bingung dan khawatir soal perlengkapan sebelum mendaki. mungkin beberapa tips ini bisa membantu untuk para pendaki pemula, langsung saja kita masuk ke topiknya.


1. Persiapan, Perencanaan dan Pelajaran
Ini nih persiapan awal yang harus di persiapkan secara matang, mengapa ?. Karena ini menjadi dasar persiapan sebelum mendaki. Tips pertama adalah melakukan perencanaan pendakian dengan matang. Pemilihan lokasi, rute pendakian, kondisi cuaca, jumlah pendaki, jangka waktu, akan mempengaruhi perbekalan dan peralatan yang musti dipersiapkan. Jangan lupa untuk mendapatkan ijin resmi dari pihak-pihak terkait.

2. Perlengkapan peralatan mendaki
Nah setelah tau tujuan pendalian dan rutenya jangan lupa untuk mempersiapkan perlatan medaki yang standar. contohnya: sendal/sepatu gunung, tenda, sleeping bag, peralatan masak, nasting dan lain sebagainya. Peralatan medaki terkadang berbeda tergantung dari gunung apa yang akan di daki. kalau ane sih biasanya kalau mendaki pasti bawaanya selalu paling banyak, padahal terkadang gunungnya gak seberapa tapi tetep paling rempong barang bawaannya :D....

3. Persiapan Fisik dan Mental
Biasanya kalau mendaki gunung pasti hal yang satu ini kadang terlupakan, apalagi bagi pendaki pemula yang senang bukan main kalau mau mendaki pertama kali. samapai - sampai dia lupa mempersiapkan fisik dan mental, yang diingatannya hanya persiapan logistik dan perlengkapan medaki saja. Nah persiapan fisik sebetulnya sangatlah penting apalagi kalau gunungnya lumayan tinggi dan menantang. Bagi pendaki profesional saja harus mempersiapkan fisik dan mentalnya sebelum mendaki. Jadi persiapkan lah Fisik dan Mental anda semua agar sampai tujuan dengan selamat..

4. Manajemen Barang Logistik
Biasanya sebelum kita melakukan pendakian harus mempersiapkan segala sesuatu kebutuhan, mulai dari pakaian, makanan, minuman, dan obat -obatan. Jadi bagi pendaki pemula harus benar - benar memanajemen barang bawaanya agar tidak kekurangan pada saat mendaki nanti, kalau kekurangan gawat dong bisa - bisa kelaparan ntar di atas gunung :D ...

5. Surat Izin Pendakian
Biasanya  setiap tempat pendakian pasti ada aturan tertentu sebelum mendaki, biasanya tempat yang membutuh kan surat izin adalah kawasan konservasi. Cntohnya seperti pegunungan taman nasional.
setiap gunung biasanya memiliki prosedur pembutan surat izin yang berbeda. Lebih baik sebelum naik ke gunung tersebut, cek dulu prosedur pembuatan surat izinnya minimal beberapa hari sebelum naik gunung tersebut. biar gak kerepotan ntar buatnya, kadang -kadang ada beberapa gunung yang rempong buat surat izin nya membutuhkan beberapa hari.

6. Siapkan pakaian yang tepat
Jangan sampai lupa di bagian ini, pakaian yang nyaman, kering dan sesuai dengan kondisi menjadi salah satu kenyamanan kita pada saat mendaki gunung. Jaket dan segala jenisnya jangan lupa di bawa. Kalau bisa pakailah, pakaian yang mencolok, biar nanti kalau ilang mudah di temukan, tapi moga-moga kagak ilang ya. 

8. AKLIMATISASI
Bahwa tubuh kita memerlukan aklimatisasi sebelum mendaki. Badan kita perlu mengetahui kondisi gunung. Tingkat dinginnya seberapa. Kondisi alamnya kayak gimana. Agar siap sebelum pendakian dimulai. Bisa dilakukan dengan stay dulu semalam di basecamp pendakian. Atau ngemil-ngemil cantik dulu sebelum manjat.


9. BERDOA SEBELUM MENDAKI

Bahwa terkadang mungkin saking excitednya kita mau ketemu alam bebas. Mau muncak gunung. Mau selfie, kita suka lupa berdoa. Sekali lagi ini penting. Perkara percaya Tuhan atau gak, paling tidak, dengan berdoa seperti:"semoga pendakian ini baik-baik saja, lancar, dan aman" bisa kasih ketentraman di hati kita. Dan kelancaran di pendakian. 

10. IKUTI PROSEDUR #SAFETYFIRST

Saat mendaki gunung, ikuti prosedur #SAFETYFIRST . Kalo capek bilang, kalo lelah dikasih harapan palsu bilang, kalau mau teriak, tinggal teriak. Asal, jangan sampai kejadian kenapa-kenapa diem aja. Kasian teman rombongannya. Ikuti itinerary yang udah dibuat rombongan, dan percaya pada masing-masing rombongan serta percaya diri juga.


11. BAWA TURUN SAMPAH
Kalau ini sih ya, kayaknya harus terus menerus dijadikan edukasi. Bawa sampah itu enteng kok. Emang rempong aja sih, gede gitu di plastik. Tapi kan, yang bekas makanan, yang bekas minuman, yang bawa-bawa bebarang itu, masa orang lain yang bawain. Kalau kita yang gunakan sampahnya jangan dilupakan dong.

Karena sesungguhnya, yang sampah adalah kamu kalau gak membawanya turun. Soalnya dia gak punya kaki buat turun sendiri, iya gak?....

Next
This is the most recent post.
Older Post

1 comments:

  1. Disini aku mau Sharing aja ya
    Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
    Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
    untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
    ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
    selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
    banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
    yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
    MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

    ReplyDelete

 
Toggle Footer